Cara Cepat Bayar Hutang Menurut Pakar Keuangan USA

Terdapat lima cara cepat bayar hutang menurut pakar keuangan Amerika bernama Robert T. Kiyosaki. Hutang dalam bahasa keuangan dikenal dengan istilah ‘pengungkit’ atau ‘leverage’ yang berarti dengan utang produktif anda dapat meningkatkan kekayaan anda contohnya adalah dengan membeli rumah, membuka usaha atau membeli aset. Namun jika anda menggunakan hutang untuk kegiatan konsumfit hedonis, anda pasti akan menjadi kebalikannya.

Tetaplah berpikir secara rasional ketika anda memiliki hutang, gunakan tenaga anda untuk mendapatkan uang lebih guna melunasi hutang tersebut, jangan menjadi panik dan nelangsa dengan hal itu. Oleh sebab itu, anda wajib menyimak cara cepat bayar hutang berikut:

1. Batasi hutang baru
Jika saat ini anda sudah memiliki tagihan kartu kredit yang membengkak, anda perlu mengatur ulang keuangan anda agar anda dapat melunasi tagihan tersebut. Langkah pertama agar anda dapat cepat bayar hutang adalah dengan menahan diri anda untuk menambah hutang baru. Kalau anda memang terpaksa harus menggunakan kartu kredit lagi, anda wajib melunasi tagihan kartu kredit tersebut terlebih dulu.

Akan lebih baik jika anda memiliki simpanan tersendiri untuk situasi mendesak, jadi anda tidak perlu meminjam dana kesana-sini yang mana akan menambah tumpukan hutang dan tagihan anda. Simpanlah uang jika memang ada kelebihan, anda tidak pernah tahu kapan anda membutuhkan uang tersebut.

2. Tambah penghasilan
Dengan jumlah penghasilan yang betambah, anda pasti bisa melunasi hutang anda lebih cepat. Walaupun cukup berat, memang anda perlu bekerja lebih keras jika anda ingin terbebas dari hutang. Anda bisa melakukan perkerjaan sampingan diwaktu luang yang tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Anda bisa membuka toko online atau menjadi supir ojek online yang dimana pekerjaan tersebut bisa anda lakukan di waktu senggang yang anda miliki.

3. Fokus
Hal ini adalah yang terpenting. Fokus berarti anda memprioritaskan kebutuhan anda untuk melunasi hutang yang ada. Jika memang hutang yang anda miliki lebih dari satu, anda bisa membuat daftar dari yang terkecil sampai yang terbesar, termasuk dengan tenor dari tiap hutang tersebut, besar bunga pinjaman dan juga besar cicilan per bulan dari tiap pinjaman.

Akan lebih baik jika anda melunasi hutang yang memiliki bunga paling besar terlebih dulu, karena keterlambatan dalam pembayaran tentu akan menambah beban bunga tersebut. Namun anda juga bisa melunasi hutang dari yang paling kecil. Menurut Dave Ramsey, ahli keuangan Amerika, tujuannya adalah untuk menambah rasa percaya diri anda bahwa anda mampu untuk melunasi hutang-hutang tersebut.

4. Lanjut ke hutang berikutnya
Jika anda telah melunasi satu hutang, janganlah bersantai-santai jika anda masih memiliki hutang yang lainnya. Tetap fokus dalam melakukan pembayaran hutang agar keuangan anda tetap stabil. Tahan diri anda untuk bersenang-senang selama anda masih memiliki kewajiban.

5. Membangun sistem baru
Jika anda telah selesai dengan semua hutang-hutang anda, anda bisa memulai lembaran baru dalam membangun kekayaan anda. Anda bisa memulai dengan mencari modal untuk membuka bisnis. Anda juga bisa membeli aset tertentu untuk disewakan, seperti rumah kontrakan atau mobil sewaan. Jika anda terlalu takut untuk membuka usaha sendiri, anda bisa membeli bisnis waralaba. Ada berbagai cara agar anda memperoleh kekayaan, namun tidak dengan berhutang.

Itulah lima cara cepat bayar hutang yang telah terbukti secara signifikan dapat mempermudah anda dalam membayar hutang-hutang anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *